Apakah Game Seru ini Dilarang di Indonesia ?

Pada dasarnya, video game dibuat untuk hiburan. Namun nyatanya, beberapa game dilarang di beberapa negara. Mengingat sifatnya sebagai hiburan, developer pun berlomba-lomba membuat game dengan konten yang beragam. Namun, tidak semua negara menerima konten dari pengembang. Beberapa negara telah memblokir video game karena dianggap mengganggu kesejahteraan warganya. Kehadiran konten kekerasan dan potensi untuk mengubah mentalitas pemain di negara mereka telah membuat mereka melarang beberapa game dari peredaran. Jadi developer harus merasakan dampaknya. Judul game apa yang membuat marah beberapa negara hingga akhirnya dilarang? Apakah salah satunya tidak bisa dimainkan di Indonesia? Lihat artikel di situs Slot88 di bawah ini:

Game BATTLEFIELD 4

Game bertipe first-person shooter ini sebenarnya cukup seru untuk dimainkan. Judul yang diproduksi oleh EA DICE adalah seri yang dirilis pada Oktober 2013. Penggemar Battlefield menantikan kedatangannya. Soalnya, game ini sudah terkenal bahkan sebelum Counter-Strike hadir. Dulu, tidak banyak game FPS yang memiliki elemen cerita yang mendalam seperti Battlefield 4. Namun, beberapa negara, termasuk China, percaya bahwa ada konten dalam game yang merendahkan citra nasional China. Pasalnya, dalam ekspansi paket Battlefield yang disebut China Rising, banyak yang harus dibawa pasukan perang negara. Salah satunya adalah pengkhianatan Laksamana Zhang untuk menggulingkan pemerintah daerah. Dari sini, pemerintah China telah melarang distribusi Battlefield 4 di platform apa pun, termasuk PC dan Playstation.

Game PUBG MOBILE 

Bagi para penggemar game shooter, termasuk PUBG Mobile, genre battle royale memiliki tempatnya masing-masing. Game besutan Tencent ini melejit sejak dirilis pada 2018 lalu. Tidak hanya di industri game, PUBG Mobile juga memperluas bidang skenario persaingan (e-sports) di Indonesia. Namun, tidak semua orang setuju bahwa PUBG Mobile adalah game yang bisa mendongkrak pasar game. India, Pakistan, dan Afghanistan melarang keras peredaran PUBG Mobile di negara mereka. Alasannya berbeda. Bentrokan India dengan perbatasan China di Lembah Galwan telah mengakibatkan pemblokiran 89 aplikasi seluler dari China, termasuk PUBG Mobile. Masalah yang sama juga terjadi di Pakistan dan Afganistan, yaitu game berdampak negatif terhadap psikologi remaja disana karena banyak mengandung kekerasan.

Uniknya, blokade di India tidak meruntuhkan pasar game Tencent. Laporan Sensor Tower menunjukkan bahwa dari September 2019 hingga September 2020, pendapatan PUBG Mobile justru meningkat 13,3% dibandingkan tahun sebelumnya. Di bidang game mobile, PUBG Mobile menempati posisi kedua setelah Honor of Kings.

Game MORTAL KOMBAT SERIES 

Harus diakui bahwa Mortal Kombat memiliki konten kekerasan yang cukup ekstrim. Karena menampilkan banyak adegan berdarah yang kejam. Itu juga telah dikritik karena membahayakan mentalitas warga Brasil dan Jerman. Pasalnya, tingkat kekerasan di Brasil mengkhawatirkan, dan kemunculan serial Mortal Kombat di negara tersebut diyakini berpotensi meningkatkan kriminalitas. Di Jerman, game ini dilarang karena dianggap tidak mendidik. Pemerintah juga memaksa Entertainment Software Rating Board (ESRB) untuk memasang label rating pada setiap game Mortal Kombat. Ini untuk memberi Jerman alasan untuk memblokir, karena mereka telah menetapkan batasan mereka sendiri pada tingkat kekerasan.

Game POSTAL SERIES 

Dari semua game di atas, franchise Post game adalah yang paling dilarang, hingga 13 negara. Selandia Baru dan Swedia adalah negara dengan larangan paling ketat terhadap permainan yang diedarkan di negara mereka sendiri. Pasalnya, terlalu banyak kontroversi dan kekerasan di dalamnya. Bahkan United States Postal Service (USPS) menggugat developer Run With Scissors karena mencoreng nama baik mereka di dalam game. Sidang berlangsung enam tahun dan mengakibatkan headline Postal diblokir.

Harus saya akui bahwa game ini menyajikan banyak sekali konten yang sangat berbahaya. Dari adegan teroris meledakkan gedung, aksi pembunuhan massal, hingga pemberontakan melawan pemerintah, menjadi motivasi utama untuk misi-misi yang berlangsung di dalam game. Ketika game pertama dirilis pada tahun 1997, 13 negara yang memblokir game tersebut sangat memperhatikan mentalitas masyarakatnya. Pada akhirnya, para pengembang mengalah dan mencoba memperbaiki apa yang dianggap mengkhawatirkan. Pada tahun 2013, Run With Scissors rilis ulang Postal on Steam, dan pada tahun 2016 mereka bahkan mendapatkan remake Postal Redux sehingga dapat dimainkan di perangkat keras yang lebih modern, bahkan mereka memaksimalkan grafis dengan Unreal Engine 4.

Game ANIMAL CROSSING : NEW HORIZON

Siapa sangka game casual seperti Animal Crossing: New Horizons akan dilarang oleh China dan beberapa sekutunya? Nintendo tidak mengharapkan pemain untuk mengirim pesan anti-pemerintah melalui alat pola pakaian. Tanpa tanggung jawab, pemerintah secara resmi melarang peredaran game tersebut di negaranya. Tentu saja, larangan tersebut juga berdampak pada pasar Nintendo di China. Pasalnya, game ini sangat digemari sejak dirilis Maret 2020 sebagai alternatif hiburan seru di masa pandemi COVID-19. Untungnya, dealer masih memiliki aktivitas untuk menjual game kepada pemain melalui pasar abu-abu.